Loading...
Logo Umrotix

Kuliner Turki Terpopuler yang Wajib Dicoba

Kuliner Turki Terpopuler yang Wajib Dicoba

Saat sedang melakukan traveling ke luar negeri tentu Anda akan menemukan hal baru mulai dari budaya hingga kuliner dari negara yang Anda kunjungi. Berburu kuliner tentunya hal wajib yang harus dilakukan saat sedang berkunjung ke suatu negara. Untuk mencoba segala macam makanan yang mejadi ciri khasnyaBanyak dari sebagian orang yang sudah mengetahui salah satu kuliner Turki yang paling terkenal yaitu kebab.

Kebab menjadi makanan tradisional orang Turki, yang tentunya sudah tidak asing lagi bagai para wisatawan yang datang ke Turki. Namun saat Anda berkunjung kenegara tersebut, makanan yang satu ini juga tidak boleh terlewatkan yaitu Pide yang tidak kalah enaknya dengan kebab. Pide yang terkenal sebagai pizzanya Turki memiliki aroma yang lezat dan menggiurkan. Namun apakah Anda tahu kuliner yang satu ini berasal dari mana? Nah, pide ini makaan yang berasal dari Giresun, yaitu sebuah daerah yang berada di Pesisir Laut Hitam negara Turki.

Pide adalah flat bread atau bisa dibilang roti gepeng karena bentuknya sendiri yaitu gepeng, diatasnya diberi topping. Namun yang membedakan Pizza Italia dan Pizza Turki yaitu dari seasoningnya. Pizza asal Italia lebih banyak mengandung rempah-rempahan seperti oregano, basil, rosemary, atau tyme. Kuliner Turki yang satu ini mesti Anda coba.

Mirip Pizza, Namun Memiliki Ujung yang Runcing

Kuliner Turki yang satu ini banyak yang bilang mirip dengan pizza yang sering kita makan. Namun yang membedakan pide dengan pizza yaitu adonan kulit pide relatif tipis. Adapaun adonan dasar yang akan di ulenin untuk membuat roti roti yaitu tepung terigu kurang lebih 650 gr, garam secukupnya, air, minyak zaitun, dan ragi. Setelah diulenin adonan tersebut dibuat berbentuk panjang, tidak seperti pizza yang berbentuk bulat. Saat matang pide akan berbentuk memanjang yang memiliki sudut runcing di bagian kedua ujungnya. Itulah yang membedakan pide dan pizza.

Dimasak dengan Topping yang Berbeda-beda

Sama sepeeti pizza yang disajikan dengan beragam topping diatasnya, kuliner Turki yang satu ini juga dapat disajikan dengan topping yang bermacam-macam yang membuat pide menjadi lebih lezat. Topping yang disediakan biasanya berupa sayuran, daging cincang, dan keju. Anda bisa memesan dan memakannya sesuai selera masing-masing.

Comfort Food yang Dinikmati Saat Berakhir Pekan

Makanan yang satu berasal dari wilayah Laut Hitam Turki. Biasanya orang-orang sana menghabiskan akhir pekannya dengan menikamati pide karena hidangan yang satu ini merupakan menu tradisional di hari minggu. Meski pide banyak dijual di kedai-kedai namun para ibu disana sering membuat pide sendiri untuk dinikmati oleh keluarganya untuk menikmati akhir pekan.

Ada Menu Lain, Kapali

Kedai-kedai yang menjual kuliner Turki ini sering disebut Pideci yaitu kedai yang menjual pide. Pideci juga menjual menu lain selain pide yaitu kapali. Kapali merupakan makanan yang hampir mirip dengan pide, namun yang membedakan yaitu kapali adonan kulitnya menutupi seluruh isiannya. Selain itu yang membedakan dari dua hidangan tersebut ialah Kapali memiliki tekstur yang lebih tipis dan lembut. Pide memiliki kulit yang tipis namun garing.

Tambahkan Topping Telur

Agar mendapatkan rasa yang lebih enak, Anda bisa meminta untuk menambahkan topping telur. Di atas pide akan diberi telur, panas dari pide yang baru di keluarkan dari oven mmbuat telur jadi matang di atasnya menghasilkan tekstur telur yang lembut dan tidak overcooked. Anda bisa memakanya dengan cara mencocolkan kulit pide yang keirng ke telur, membuat rasa pide menjadi lebih creamy dan lezat tentunya.

Dihidangkan di Papan Kayu

Pide yang dijual di pideci memiliki ciri khas sendiri yaitu itu dihidangkan di atas papan kayu. Untuk menikmati kuliner turki yang satu ini Anda bisa memberikan bubukan cabai yang sudah disediakan dan agar lebih segar disediakan juga segelas Ayran. Ayran salah satu minuman tradisional turki yang berbahan dasar yoghurt.

Tempat Terbaik Menikmati Pide

Jika Anda akan melancong ke negara Turki Anda mesti mencicipi pide. Salah satu tempat paling cocok untuk menikmati pide yaitu Giresun wilayah Pesisir Laut Hitam yang merupakan daerah makanan itu berasal. Akan disajkan dengan cara berbeda yang lebih otentik mengingat hidangan ini merupakan makanan tradisional. Anda juga bisa menimati pide di Istanbul, apabila Anda ingin menikmatinya dirumah disajikan juga pide beku yang banyak dijual disupermarket. Banyak hidangan khas Turki yang bisa Anda nikmati saat sedang berkunjung kenegara tersebut.

Lahmacun

Kuliner turki selain pide dan kapali hidangan yang satu ini yaitu lahmacun juga disebut-sebut mirip dengan makanan khas Italia yaitu pizza. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung yang di uleni kemudian dipanggang diatasnya ditaburi daging cincang, dan berbagai macam sayuran seperti patraseli, tomat dan juga bawang bombay. Lahmacun diberikan perasan lemon dan ayran atau salgam. Anda juga bisa memberi bubuk cabe saat menyantpanya, yang membuat lahmacun menjadi lebih enak saat dinikmati.

Simit

Simit merupakan roti khas Turki dengan bentuk melingkar seperi donat yang diberi taburan wijen diatasnya. Saat Anda melakukan perjalanan ke Turki simit mudah ditemukan di pedagang kaki lima yang berjualan menggunakan gerobak. Simit memiliki tekstur yang kering dan renyah. Beberapa daerah di Turki menjual simit dengan cara yang berbeda-beda. Seperti di Ankara simit dijual dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih kering hal ini tentunya berbeda dengan penjual dikota-kota lainnya. akan lebih nikmat jika dihidangka dengan segelas teh atau cay.

Kebab

Hidangan kuliner Turki yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia yaitu kebab. Bahakan dinegara kita sendiri banyak orang yang berjualan kebab walaupun mungkin rasanya tidak sama dengan dinegara asalnya. Kebab yang dibuat langsung di Turki memiliki rasa yang khas karena menggunankan bumbu dan bahan pilihan. Isian kebab menggunakan daging kambing atau sapi, selada, jamur, tomat, bawang bombay, dan saus sambal. Kemudian isisnya akan digulung dan dibungkus oleh roti pita kemudian akan dipanggan dengan api sedang.

Cay atau Teh

Selain makanan yang menjadi ciri khas Turki, negara ini juga mempunyai minuman yang tidak terpisahkan bagi orang Turki yaitu cay atau teh. Teh akan disajikan dengan campuran gula kota dan dihidangkan menngunakan gelas khusus yang menggelebung pada bagian bawahnya. Jangan heran jika Anda bekunjung kenagara tersebut akan menemukan banyak orang yang sedang menikmati cay.

Pide menjadi ciri khas kuliner Turki yang terkenal sebagai pizzanya Turki. Jika Anda mengunjungi negara tersebut tentu harus mencicipi hidangan tersebut. Selain pide masih banyak makanan atau minuman khas negara tersebut yang enak dan juga halal yang bisa Anda temui dan nikmati.