Loading...
Logo Umrotix

Keuntungan Shalat di Masjidil Haram

Keuntungan Shalat di Masjidil Haram

Sahabat Umrotix, tahukah kalau shalat di Masjidil Haram pahalanya dilipatgandakan 100.000 dibandingkan shalat di masjid yang lain, sementara di Masjid Nabawi 1000 keutamaannya dibandingkan shalat di masjid lain shalat di Masjid Aqsa pahalanya 500 dibanding shalat masjid biasa.

(HR. Ahmad 3/343 dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1173.)

Jika kenyataanya kita diwajibkan Allah shalat lima waktu sehari semalam, maka shalat seratus ribu kali itu sama dengan shalat selama 20.000 hari atau kurang lebih selama 55 tahun lamanya. Hampir seusia manusia pada umumnya.

Lantas, bagaimana kita bisa melakukan shalat di sana selama sembilan hari, atau satu bulan penuh, atau selama 40 hari dalam rangkaian ibadah haji, tentunya pahala Allah akan semakin berlipat ganda. Ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri dari Masjidil Haram yang berada di MAKKAH itu.

Keistimewaan shalat di Masjidil Haram ini dapat menjadi media untuk mengejar kekurangan amal umat Rasulullah. Sebab, jika dibandingkan dengan umat-umat Nabi sebelumnya, usia umat Muslim sekarang tidaklah panjang. Rasulullah memberikan batasan antara usia 60 tahun sampai 70 tahun untuk umat-umatnya. Sementara umat nabi-nabi dahulu berusia ratusan tahun, seperti nabi Nuh yang berusia 950 tahun. Dengan fadhilah shalat yang ajaib ini, kita sebagai umat Rasulullah dapat mengejar ketertinggalan dalam hal ibadah.

Jika dihitung kemudian dibandingkan, dengan fadhilah keutamaan malam lailatul qadar, yaitu seribu bulan, maka keutamaan dan fadhilah shalat di Masjdil haram melebihi separuh dari keutamaan malam lailatul qadar.

Perhitungannya dapat dimisalkan, sehari di Masjidil Haram sama halnya dengan 667 bulan, yaitu lebih dari separuh malam lailatul qadar. Jika dua hari melakukan shalat fardhu di Masjidil Haram, maka sama halnya mendapatkan malam lailatul qadar.

Tentunya sahabat Umrotix sudah rindu shalat di Masjidil Haram